Minggu, 28 Oktober 2012

Aspek Dasar Perencanaan Keuangan

Selamat Pagi !!! Teman-teman, kali ini saya punya informasi mengenai Aspek2 Dasar Dalam Perencanaan Keuangan. Saya yakin informasi ini berguna buat teman-teman. Selamat membaca...


ASPEK-ASPEK DASAR DALAM

PERENCANAAN KEUANGAN

  

Sebelum kita melakukan perencanaan keuangan kita perlu mengetahui apa saja Aspek-aspek dasar dalam perencanaan keuangan yang perlu teman-teman ketahui yaitu meliputi :

1. Dana Darurat / Emergency
Dana darurat adalah hal yang sangat penting dan mendasar dalam perencanaan keuangan kita. Dana darurat digunakan untuk mengantisipasi bila dalam beberapa hari/bulan kita tidak mendapatkan penghasilan atau ada kebutuhan yang sangat mendesak.

2. Proteksi (Asuransi)
Dalam Perencanaan Keuangan Asuransi disebut sebagai Wealth Protection (pelindung kekayaan). Asuransi berperan sangat penting bagi kita untuk mencapai tujuan keuangan. Asuransi akan memberikan perlindungan bagi kita dalam proses mengumpulkan kekayaan untuk mencapai kebebasan financial. Oleh karena itu, didalam sebuah perencanaan keuangan, Asuransi harus menjadi Pondasi Utama perencanaan yang harus kita miliki bahasa kerennya mah KUDU ADA.




Mengapa kita perlu memiliki Asuransi ?
Sebagai orang yang berperan sebagai pencari nafkah bagi keluarga memberikan penghasilan bagi keluarga, kita harus menyadari bahwa penghasilan kita sangat berarti bagi kehidupan diri kita dan keluarga kita. Asuransi tidak dapat menggantikan jiwa kita karena jiwa kita tak ternilai harganya tetapi lebih kepada tanggungjawab diri kita sebagai kepala rumah tangga yang memiliki tanggungan istri dan anak. Dan satu hal yang perlu kita garis bawahi disini adalah, ketika kita sudah tidak berada di sisi orang-orang yang kita kasihi, kepada siapa nanti mereka bergantung?

3. Dana Pensiun
Mempersiapkan dana pensiun dalam perencanaan keuangan juga merupakan salah satu hal penting yang perlu direncanakan sejak awal. Kita pasti sebagai manusia tidak akan bekerja terus menerus, ada saat dimana waktunya kita berhenti bekerja dan menikmati apa yang sudah kita peroleh dari pekerjaan kita . Beberapa alasan mengapa perencanaan dana pensiun itu penting adalah:

1. Tidak ada jaminan kondisi fisik di masa mendatang (sekarang sehat bisa saja besok sakit)
2. Tidak ada jaminan kondisi ekonomi di masa mendatang (sekarang kaya besok bangkrut)
3. Adanya peningkatan biaya hidup (Bila sudah pensiun nanti biaya hidup akan tinggi)

Jika hal tersebut tidak kita persiapkan/rencanakan dengan benar maka kita akan mengalami kesulitan dalam menjalani hari-hari tua nanti. Karena itu rencanakanlah Dana Pensiun sejak dini agar kita dapat menikmati kehidupan pensiun yang lebih baik.
 
Dalam tulisan berikutnya akan saya coba bahas satu persatu aspek tersebut buat teman-teman.
 
Happy Planning

1 komentar:

  1. Mempersiapkan dana pensiun dalam perencanaan keuangan juga merupakan salah satu hal penting yang perlu direncanakan sejak awal. pojokinvestasi.com

    BalasHapus