Jumat, 28 Desember 2012

Siapkan Dana Darurat Sebelum Berinvestasi


AGAR SELAMAT, PERSIAPKAN DANA DARURAT ANDA

 

Dalam Tulisan terdahulu sudah dijelaskan bahwa Dana darurat adalah hal yang sangat penting dan mendasar dalam suatu perencanaan keuangan. Anda tidak disarankan melakukan investasi jika anda belum memiliki Dana Darurat yang mencukupi.

 

Siapa Saja Yang Harus Mempersiapkan Dana Darurat

Siapapun anda ,bagaimanapun situasi keuangan Anda saat ini. Anda harus tetap memiliki sejumlah dana cadangan. Tidak peduli apakah Anda sudah stabil dengan karir yang baik dan gaji yang tinggi, apakah Anda sudah memasuki usia pensiun, atau jika Anda masih muda, belum berkeluarga dan baru mulai berkarir.

Berapa Standar Dana Cadangan Yang Harus Dimiliki

Bicara mengenai standar ada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para perencana keuangan. Namun secara garis besar standar Dana Cadangan yang harus dimiliki adalah sebagai berikut :

1.      Untuk yang masih single/tidak ada tanggungan , maka Dana Cadangan yg harus dimiliki adalah sebesar 3 bulan pengeluaran anda.

2.      Untuk yang sudah menikah dan belum punya anak adalah sebesar 6 bulan pengeluaran

3.      Jika anda menikah dan memiliki satu anak, maka Dana Cadangan yg harus dimiliki adalah sebesar 9 bulan pengeluaran anda.

4.      Jika anda menikah dan memiliki dua anak atau lebih , maka Dana Cadangan yg harus dimiliki adalah sebesar 12 bulan pengeluaran anda.

5.      Bila anda pengusaha, pekerja freelance, maupun self employee, Dana cadangan yang harus dimiliki adalah sebesar 12 bulan pengeluaran.

Dana Darurat yang terlalu kecil akan menyulitkan pemenuhan kebutuhan sehari-hari, apalagi bila terjadi risiko yang dampaknya jangka pendek, seperti rumah rusak perlu perbaikan dan lain-lain. Sebaliknya, Dana Darurat yang terlalu besar, melebihi kebutuhan menyebabkan inefisiensi dalam mengelola aset. Aset berupa uang tunai tidak akan memberikan hasil yang maksimal malah menurun termakan inflasi. Jadi usahakan agar jumlah Dana Darurat anda  sesuai dengan keadaan keuangan dan pola kehidupan anda dan keluarga.

Manfaat Dana Darurat

Apa sajakah manfaat Dana Darurat itu ? pada dasarnya Dana Darurat berfungsi dalam menghadapi keperluan-keperluan mendadak yang membutuhkan dana tunai segera, misalnya :

  1. Kejadian seperti sakit, kecelakaan mobil, kebakaran rumah, kematian adalah peristiwa-peristiwa membutuhkan sejumlah uang tunai dalam jumlah cukup besar secara mendadak.
  2. Saat anda mengalami PHK dipekerjaan . Mungkin Anda akan mendapat pesangon, namun itu hanya cukup untuk beberapa bulan saja sampai mendapat pekerjaan yang baru. Itupun kalau dapat pesangon, kalau tidak,  keadaan keuangan anda akan menjadi sangat terganggu. 
  3. Saat anda mengalami kebangkrutan dalam usaha. Bisnis bisa saja bangkrut dan penghasilan usaha terhenti. Untuk menghadapi situasi ini maka diperlukan dana cadangan yang akan mencover pengeluaran keluarga Anda sampai usaha anda pulih kembali.
  4. Pengeluaran yang tidak direncanakan seperti sumbangan, pemberian hadiah, liburan, dan pengeluaran yang sifatnya tidak rutin dan hanya sesekali saja terjadi.

Dengan melihat manfaat yang dapat diberikan dari adanya Dana Darurat ini maka tidak terlalu berlebihan jika kita sebut Dana Darurat ini adalah Penyelamat Hidup Keuangan kita.

Dimana Dana Darurat Disimpan

Dana darurat harus mudah diakses agar bisa digunakan dalam keadaan darurat. Dana cadangan sebaiknya disimpan di tempat yang aman, di rekening terpisah, mudah diambil dan tidak akan membuat dan kehilangan nilai pokok investasi. Misalnya seperti seperti tabungan, deposito berjangka, Reksa Dana Pasar Uang, obligasi pemerintah, Sertifikat Bank Indonesia

1 komentar:

  1. Mempersiapkan dana darurat sangat penting dan termasuk ke dalam perencanaan keuangan yang baik. pojokinvestasi.com

    BalasHapus